Makalah
“hardware dan software”
Oleh
:
Aland
Kusuma Nurdin
1304411291
Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknik Komputer
Universitas
Cokroaminoto Palopo
Tahun 2016/2017
Kata Pengantar
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nyalah penulis dapat menyusun dan menyelesaikan
makalah Mengenai pengertian hardware atau yang sering kita sebut perangkat keras pada
komputer dan software yang sering kita sebut perangkat lunak pada komputer.
Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing yang
telah memberikan arahan, petunjuk dan bimbingan sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan olehnya itu penulis
mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan
makalah yang akan penulis susun selanjutnya.
Penulis berharap agar makalah ini
dapat berguna bagi para pembaca serta dapat dijadikan sebagai bahan
pembelajaran mengenai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software).
Demikian
sepatah kata dari penulis tentang pengantar makalah ini dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.
Palopo ,04 November
2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................................
i
KATA PEGANTAR
...............................................................................................................
ii
DAFTAR
ISI.....................................................................................................................
......iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang...............................................................................................................
..1
B. Rumusan Masalah
........................................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Hardware......................................................................................................... 3
B. Jenis Hardware................................................................................................................. 3
C. Pengertian Software..........................................................................................................5
D. Jenis
Software....................................................................................................................5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan....................................................................................................................... 8
B.
Saran................................................................................................................................ 8
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................................9
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada
masa sekarang ini komputer merupakan suatu alat elektronik yang sangat berguna
membantu berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu komputer
dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu dalam kegiatan medis misalnya
operasi baik kecil maupun besar. Komputer di zaman modern seperti sekarang ini
tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat, sebab komputer sudah
menjadi sendi dalam melakukan berbagai aktifitas.
Dewasa
ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah
berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari
berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat
" Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai
sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang
luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
Diantara
teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer.
Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu
mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah,
dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari
computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin
menggunakan computer maka hanya bias dikantor atau dirumah, kalau sekarang
mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Software
yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan
melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin
dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000
tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup
sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah
banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang
ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier
Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada
tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya
masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan
strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan.
Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya
komputer elektrik yang menerapkan system ajabar Boolean.
B. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang diatas
terdapat berbagai masalah diantaranya :
1. Pengertian Hardware ?
2.Jenis-Jenis Hardware ?
3.
Pengertian Software ?
4.
Jenis-Jenis Software ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian hardware
Hardware adalah semua bagian
fisik komputer, dibedahkan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat
perangkat keras untuk menyelesaikan tugasnya.
B. Jenis Perangkat Keras
Beberapa jenis perangkat keras yang terdapat pada
komputer, antara lain:
1. Power Supplay
Power
Supplay berupa tegangan listrik yang menempel pada bagian belakang setiap
casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang
ada di dalam casing.
2. Motherboard
Motherboard
berbentuk papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot
individual yang biasa dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor,
memori, sound card, display adapter dan
sebagainya. Di antara slot pada papan utama, terdapat slot yang khusus
digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan slot 1.
3. CPU (Central Processing Unit)
Empat yang merupakan otak dan
pengendali proses kinerja komputer dengan dibantu komponen lainnya. Satuan
kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin
besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
4. Memori Utama
Prosesor hanya dapat menyimpan
data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat
menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk semua proses program. Untuk
mengatasi hal ini prosesor harus dilengkapi dengan alat penyimpan yang
berkapasitas lebih besar, yaitu memori utama.
Ukuran memori ditunjukkan oleh satuan byte.
5. Harddisk
Harddisk adalah komponen yang
berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan
piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya,
yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.
6. Video Adaptor atau GPU
Video
adaptor merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan
pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama,
pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun seiring perkembangan
teknologi komputer saat ini telah didesain.
Komponen
hardware adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (Graphic
Processor Unit) atau chipset dan memori internal sehingga beban kinerja
prosesor utama menjadi lebih berkurang.
7. Sound Card
Sound Card merupakan komponen hardware
komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (Printed Circuit
Board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat
komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
8. Heatsink Fan (HSF) atau
Cooling Device
Heatsink Fan merupakan peralatan
pendingin yang berbentuk kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan aluminium dan di atasnya terdapat kipas yang
akan berputar saat komputer menyala. HSF menjadi kebutuhan pokok dalam komputer
karena hampir semua komponen hardware komputer di dalam casing menggunakan HSF
masing-masing, mulai dari prosesor, VGA Card, dan harddisk yang berlomba-lomba
memberikan fasilitas komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di
pasaran.
9. Cassing
Casing adalah kotak pembungkus atau
tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi
komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut CPU.
C.
Pengertian Sofrtware
Software
disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang
dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak
ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun
dokumen serta arsip lainnya.
Kebanyakan
masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian . Bagian pertama adalah
hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian
yang kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa
yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.
Sebagian
besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa
pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti
layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan
perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program
komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan
kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh
komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
D. Jenis-Jenis Software
Secara
umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software
aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik,
contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan
sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang
menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft
Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut
cara memperolehnya (harga beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware
dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta
pengguna.
Jenis
yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan
tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai,
pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut
(dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut.
Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan
sebagainya.
Ketiga,
propietary software. Intinya, propietary software itu hampir sama dengan barang
yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin menggunakannya, kita harus
membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta.
Jenis
keempat yang mulai populer adalah open source software. Berbeda dengan jenis
software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita
untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan
kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Berikutnama
software dan penggunaannya :
1. Xing MPEG Player :
memutar CD, VCD
2. Linguist kamus :
bahasa inggris
3. Winamp :
memutar lagu - lagu MP3
4. Total Fonts 2002 :
koleksi jenis huruf
5. Microsoft Word :
pengetikan
6. Microsoft Excel :
pembuatan tabel – tabel
7. Microsoft Front Page :
pembuatan web site
8. Microsoft Power Point :
pembuatan presentasi
9. Microsoft Outlook :
pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll
10. Adobe Acrobat Reader :
program pembaca dokumen tutorial
11. LinSys 3D :
gambar 3 dimensi
12. Winzip :
program kompres file
13. Dreamweaver :
pembuatan web site
14. Macromedia Flash :
pembuatan gambar animasi
15. Macromedia Free Hand :
pembuatan gambar
16. Visual Studio :
komputer programming
17. Microsoft Web Publishing :
pengiriman data website ke dunia internet
18. Corel Draw :
pembuatan gambar
19. ACD :
See melihat - lihat gambar
20. Swish :
pembuatan animasi
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa di komputer terdapat berbagai jenis
perangkat keras (hardware) yang sangat menunjang kerja sistem komputer.
Perangkat keras bagi komputer merupakan sesuatu yang sangat penting misalnya
CPU, tanpa CPU maka komputer tidak dpat melakukan operasi sebagaimana mestinya.
Perkembangan
software dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software
bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati
pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai alat untuk
mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung
matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini terus
berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan
penelitian.
B. Saran
Dalam
hal ini penulis sedikit memberikan saran yakni, bagi teman-teman yang ingin
mempelajari komputer, maka hal yang perlu di ketahui sebelum mempelajari
perangkat lunak adalah mengetahui terlebih dahulu perangkat keras yang terdapat
pada komputer.
Kemajuan
computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis
pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan
cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan
dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR
PUSTAKA
http://ekoprasetyo.wordpress.com/2010/02/08/macam-macam-hardware-serta-fungsi-dan-troubleshooting/
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/TIK/VoIP/semua.html#

Tidak ada komentar:
Posting Komentar